Minggu, 07 Maret 2010

Kampung Batik Pekalongan

Pekalongan - Daya tarik batik khas Pekalongan sudah tidak di ragukan lagi. Sejak lampau batik khas Pekalongan sudah sangat diminati, bahkan mantan Presiden Soeharto dan keluarganya ternyata juga merupakan penggemar batik Pekalongan, sehingga mendatangkan kebanggaan tersendiri bagi warga kota Pekalongan.

Penggemar batik Pekalongan berasal dari berbagai kalangan dan tidak sedikit yang berasal dari kalangan pejabat tinggi negara. Mereka menyukai batik Pekalongan karena memiliki motif yang beragam dengan warna lebih terang dibandingkan batik Solo.

Kelurahan Sampangan yang juga dijuluki sebagai Kampung Batik merupakan salah satu kelurahan sentra produksi batik di Pekalongan. Abdullah Makrus, adalah salah satu pengusaha batik yang cukup sukses di kampung batik.

Dia termasuk yang paling banyak menerima pesanan batik dari pejabat maupun keluarga mantan Presiden Soeharto. Biasanya pesanan dari keluarga Cendana datang pada saat ada moment khusus, seperti hari raya, ulang tahun, perkawinan, kelahiran atau menyambut tamu negara saat pak Harto masih menjadi presiden.

Banyaknya pesanan meningkatkan kepercayaan diri dan semangat kalangan pengusaha batik di Kampung Batik Pekalongan. Karena itu para pengusaha batik berusaha menjaga kualitas batik produksinya agar tidak kalah bersaing dengan jenis batik yang kini makin beragam. (Kuncoro Wijayanto/Dv)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar